Meta Description atau deskripsi penelusuran sering sekali terlupakan atau bahkan tidak mendapat perhatian dari para pengguna Blogger. Seakan menganggap meta description sebagai sebuah hal yang biasa saja tanpa pengaruh yang besar. Meta description adalah bagian vital blog yang berisi informasi tentang blog dan artikel-artikel yang ditulis. Meta description tidak akan ditampilkan oleh browser namun diperlukan oleh machine-readable metadata untuk mengurai isi situs.


Tanpa Deskripsi penelusuran, maka blog akan sangat sulit dirayapi dan jangan berharap bahwa blog akan cepat terindex oleh mesin pencari google.  Tak bisa dipungkiri bahwa situs lain akan menampilkan situs blog kita pada dengan mengambil informasinya dari meta description penelurusan tsb.

Meta Deskripsi Sebagai Alat Penelusuran

Beberapa waktu yang lalu, Mesin pencari google mengumumkan perubahan kebijakan mesin pencari dalam merayapi suatu situs, maka untuk itu, blogger menambahkan fasilitas meta description penelusuran agar para pengguna blogger tidak tersisihkan dimata mesin pencari. Bahkan fasilitas ini dikeluarkan ketika Google belum mengeluarkan kebijakan penghapusan meta keyword dari index mesin pencarinya. Berikut adalah kutipan dari Matt Cutts (senior engineer di mesin pencari Google) bahwa "kami mengabaikan dan tidak lagi menggunakan meta keyword untuk mengindex suatu situs namun kami menggunakan meta description untuk merayapi suatu situs" .
hal ini menjadi penegasan bahwa mereka (mesin pencari google) tidak perlu dan tidak menganggap keberadaan meta keyword namun mereka sangat memperhatikan meta description. Dalam video Tersebut Matt Cutts menyebutkan "jangan habiskan waktu anda untuk mengumpulkan berbagai keyword karena kami telah mengabaikan meta keyword, sekarang konsentrasi-lah untuk membuat meta description yang menarik bagi pengunjung".

Meta Deskripsi Sebagai Alat Penelusuran

Membuat / Memasang Meta Description Atau deskripsi penelusuran


Meta description / Deskripsi Penelusuran biasanya harus dimasukan secara manual atau mungkin sebenarnya sudah tersedia namun terkadang tidak tahu maksudnya.

Pasang Dan aktifkan meta description.

1.Login ke Blogger

2.Masuk ke Setelan - Preferensi Penelusuran - Tag Meta

Preferensi Penelusuran - Tag Meta
Tag Meta

3.Klik "Edit" pilih "Ya" pada "Aktifkan deskripsi penelusuran?"

Ketentuan deskripsi penelusuran: Isi meta description dengan karakter maksimum 150 karakter. Setelah di isi klik tombol "Simpan perubahan".

Meta description ini akan digunakan hanya pada halaman utama (halaman index atau halaman beranda) sedangkan untuk masing-masing artikel, kita harus menuliskannya lagi.

Integrasi Meta Description Penelusuran


Lalu apakah meta description telah terintegrasi pada blog kita? untuk memastikannya lakukan pemeriksaan pada dua lokasi berikut:

  • Pada Editor (Entri Artikel)
-Buat sebuah artikel
-Perhatikan pada sidebar editor, harus sudah bertambah satu widget "Deskripsi Penelusuran"
Meta Description Penelusuran Pada Artikel
Tag Meta Entri Artikel
Lihat dan Pilihhlah "Deskripsi Penelusuran" dan masukan deskripsi artikel pada kotak dibawahnya, setelah itu klik tombol "Selesai".

Ingattt !!! : Deskripsi Penelusuran ini akan menggantikan deskripsi global, dan deskripsi ini akan digunakan mesin pencari untuk mengurai isi artikel anda. Meta Description ibarat ringkasan dari artikel yang anda tulis, makanya, buatlah deskripsi yang menarik. Deskripsi artikel tidak akan ditampilkan pada browser namun akan diambil oleh mesin pencari (machine-readable metadata) dan situs lain (misal Facebook dan Google Plus).

  • Meta Tag pada Template
-Masuk ke "Template - Edit HTML - Lanjutkan"
-Scroll hingga di temukan kode dibawah ini:
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
Tidak ditemukan ? berarti blog anda belum menggunakan meta description walau sudah diaktifkan, ikuti langkah penyisipan kode berikutnya.

Jika template belum menerapkan meta description, cari kode dibawah ini:
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Masukan (copy paste) kode dibawah ini tepat dibawahnya
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/> </b:if>
Jika anda belum mengerti tentang Tag Contional. Coba buka Kembali Condisi Tag | Tampilan Template Berbeda.


Memeriksa Meta Deskripsi Penelusuran


Untuk memeriksa Meta Tag deskripsi Gunakanlah kombinasi tombol keyboard CTRL + U (pengguna Firefox dan Chrome) atau klik kanan pada area artikel dan pilih "View source" (pengguna Safari) untuk melihat source code blog anda, dan perhatikan meta deskripsi yang baru saja anda buat. Atau gunakan kata kunci "name='description'" menggunakan pencarian browser. Jika sudah tampil seperti apa yang anda tuliskan pada artikel berarti meta description pada blog anda sudah aktif, lakukan share pada Facebook atau Google Plus, maka yang akan ditampilkan adalah meta description, bukan penggalan artikel.


Sebagai Penutup Tutorial Meta Description


Dengan Penambahan meta description berarti menambah daftar pekerjaan anda tentunya, karena artikel-artikel sebelumnya mungkin tidak disertai meta description. Ini berarti sekarang anda harus memasangnya kembali. Ini pasti sungguh Sangat melelahkan, Apalagi jika artikel sudah mencapai ribuan halaman? Namun itulah sebuah konsekwensi dari sebuah kebijakan.

Google memiliki kebijakan maka blogger mau tidak mau kita harus mengikuti, kecuali jika kita tidak peduli dengan semua perubahan itu. Apakah meta description adalah salah satu teknik SEO? .

Semantic Web adalah pendekatan situs terhadap mesin pencari, dan meta description adalah bagian dari semantic web. Jadi, SEO atau bukan tidaklah menjadi tujuan, tetap menulis untuk konten terbaik itu adalah lebih baik dari pada menulis untuk sesuatu yang ...*. _Salam Blogger !!!

0 komentar:

Post a Comment

 
Top