Berikut definisi rekrutmen dari para ahli :
Menurut Bernardin(2001), rekrutmen adalah catatan hasil yang di produksi (dihasilkan) atas fungsi pekerjaan tertentu atau aktivitas – aktivitas selama periode tertentu.

Menurut Mathis (2006:227) perekrutan adalah sebagai proses penarikan sejumlah calon yang berpotensi untuk diseleksi menjadi karyawan atau dapat juga diartikan, penarikan adalah masalah penting dalam pengadaan tenaga kerja.


Menurut Flippo (2009), Perekrutan adalah proses mencari kandidat untuk lowongan dan menstimulasi mereka untuk melamar pekerjaan dalam suatu organisasi. Perekrutan adalah aktivitas yang menghubungkan penyedia lapangan kerja dengan pencari kerja.
Penarikan (rekrutmen) pegawai merupakan suatu proses atau tindakan yang dilakukan oleh organisasi untuk mendapatkan tambahan pegawai melalui beberapa tahapan yang mencakup identifikasi dan evaluasi sumber-sumber penarikan tenaga kerja, menentukan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi, penempatan, dan orientasi tenaga kerja. Penarikan pegawai bertujuan menyediakan pegawai yang cukup agar manajer dapat memilih karyawan yang memenuhi kualifikasi yang mereka perlukan (Malthis:2001).
Hasibuan (2008) menyatakan bahwa rekrutmen merupakan usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja, agar mau melamar lowongan pekerjaan yang ada dalam suatu organisasi. Sedangkan pengertian rekrutmen menurut Simamora (2004) merupakan serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan untuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Aktivitas rekrutmen dimulai pada saat calon mulai dicari, dan berakhir pada saat lamaran mereka diserahkan.

Handoko (2008) menjelaskan bahwa rekrutmen merupakanproses pencarian dan “pemikatan” para calon karyawan (pelamar) yang mampu untuk melamar sebagai karyawan. Lebih jauh lagi, Rivai (2009) menjelaskan rekrutmen sebagai suatu rangkaian kegiatan yang dimulai ketika sebuah perusahaan memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan sampai mendapatkan calon yang diinginkan atau memenuhi kualifikasi sesuai dengan jabatan atau lowongan yang ada.
Berdasarkan teori – teori diatas, maka Mas Phatar menarik beberapa unsur persamaan, sehingga akhirnya dapat menarik kesimpulan dari persamaan tersebut, yaitu :
  1. Pencarian
  2. Metode
  3. Pemikatan/seleksi
  4. Mengisi bagian/penempatan
Kesimpulan yang Mas Phatar dapatkan berdasarkan pengertian – pengertian para ahli diatas, rekrutmen merupakan suatu proses keputusan perencanaan, pencarian, dan pemikatan  manajemen sumber daya manusia mengenai jumlah karyawan yang dibutuhkan, kapan diperlukan, serta kriteria apa saja yang diperlukan dalam suatu organisasi.

1 komentar:

  1. Definisi Rekrutmen Dari Para Ahli - Blog Ghifari >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Definisi Rekrutmen Dari Para Ahli - Blog Ghifari >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Definisi Rekrutmen Dari Para Ahli - Blog Ghifari >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK D9

    ReplyDelete

 
Top